Kenapa lalat sulit dipukul

sumber asli oliveoile

Pernah anda mencoba memukul lalat ? Jika pernah mencobanya, anda akan tahu bagaimana sulitnya memukul lalat bahkan meskipun kita mengendap-endap di belakangnya.

Saya jadi tertarik menulis artikel ini setelah menemukan sebuah tulisan tentang tips memukul lalat :-)  Subhanallah… makhluk yang kecil ini ternyata cukup membuat repot manusia. Ini karena kebiasaan buruknya yang suka hinggap di tempat-tempat yang kotor, sehingga bakteri-bakteri menempel di kakinya. Kemudian dia hinggap ke tempat-tempat/makanan yang bersih. Selain itu juga suaranya yang cukup mengganggu bila mulai menggoda orang-orang disekelilingnya. Akibatnya lalat-lalat itu diburu, dipukul, ditepas, tapi sangat jarang berhasil. Mengapa ?

Lalat dalam bahasa ilmiahnya Musca domestica adalah serangga yang gesit terbangnya dan memiliki suara lebih nyaring dari nyamuk. Dari sebuah buku Sains “Mempelajari indera”,

Ada dua alasan mengapa lalat sulit dipukul.

  • Lalat, seperti semua serangga menerima informasi visual/penglihatan dengan sangat cepat. Ini berarti lalat bisa bereaksi dengan sangat cepat.
  • Lalat juga mempunyai mata lengkung yang besar sehingga bisa melihat sekelilingnya dengan baik. Jadi, lalat bisa melihat kamu yang datang dari arah mana pun.

Walaupun lalat bisa menghindari pukulan, sebenarnya ia tidak bisa melihat dengan sangat baik. Mata lalat terdiri atas banyak lensa kecil, jadi ia melihat dunia seperti terbuat dari ratusan titik kecil. Gambar di bawah merupakan mata lalat yang dibesarkan lebih dari 100 kali.

mata-lalat

Dari sumber lain : Michael Dickinson dari Institut Teknologi California (Caltech) baru, selama 20 tahun meneliti menemukan bahwa lalat dapat mengenali ancaman berdasarkan lokasi. Otaknya akan menghitung seberapa jauh ancaman terhadapnya sebelum memutuskan untuk mengepakkan sayap dan kabur. Setelah memprediksi arah ancaman, kakinya bertumpu untuk terbang ke arah yang berlawanan. Semua persiapan meloloskan diri dapat dilakukannya dengan sangat cepat, hanya 100 milidetik setelah ia mendeteksi adanya bahaya.

Menurut Dickinson, Ini menunjukkan begitu cepatnya otak lalat memproses informasi sensorik menjadi respons gerakan yang sesuai. Bahkan, lalat mengatur postur tubuhnya sesuai besar ancaman. Artinya, lalat telah mengintegrasikan dengan baik antara informasi visual dari mata dan informasi metasensorik di

kakinya.

Maha suci Allah yang memberikan kelebihan pada makhluknya untuk dapat mempertahankan diri.

*Sains untuk pemula “Mempelajari ndera”, Pakar Raya.

Iklan

2 tanggapan untuk “LALAT YANG CERDAS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s